Imagination is important than knowledge -Albert Einstein

Sabtu, 02 Juli 2016

Bab 11 Ilmu Budaya Dasar - Manusia dan Harapan

Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu itu terjadi. Harapan muncul dari dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup.
Penggolongan harapan menurut Abraham Maslow adalah :
1. Keberlangsungan hidup (survival)
2. Keamanan (safety)
3. Hak dan kewajiban mencintai dan dicintai (be loving and love)
4. Diakui lingkungan (status)
5. Perwujudan cita-cita (self actualization)

Kepercayaan berasal dari kata percaya yang artinya mengakui dan meyakini kebenaran. Kepercayaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengakuan atau keyakinan akan kebenaran. Dalam agama terdapat kebenaran-kebenaran yang diwahyukan artinya diberitahukan oleh Tuhan - langsung atau tidak langsung kepada manusia. Dalam hal beragama tiap-tiap orang wajib menerima dan menghormati kepercayaan orang yang beragama itu. Dasarnya adalah keyakinan masing-masing.

Tiga teori kebenaran menurut Dr. Yuyun Suriasumantri dalam buku "filsafat ilmu, sebuah pengantar populer" adalah :
1. Teori koherensi atau konsistensi : suatu penyataan dianggap benar bila pernyataan itu bersifat koherensi atau konsisten dengan pernyataan sebelumnya
2. Teori korespodensi : suatu penyataan benar bila materi pengetahuan yang dikandung pernyataan tersebut berhubungan objek yang dituju dengan pernyataan tersebut.
3. Teori pragmatis : kebenaran suatu pernyataan diukur dengan kriteria apakah pernyataan tersebut bersifat fungsional dalam kehidupan praktis.

Dasar kepercayaan adalah kebenaran. Dasar kebenaran adalah manusia. Kepercayaan dibagi menjadi :
1. Kepercayaan pada diri sendiri
2. Kepercayaan pada orang lain (percaya pada saudara, guru, dll.)
3. Kepercayaan pada pemerintah (menurut Prof. Ir. Poedjawiyatna, negara itu berasal dari Tuhan. Tuhanlah pemilik kedaulatan sejati, karena semua adalah ciptaan Tuhan )
4. Kepercayaan pada Tuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar